Wednesday 27 June 2012

Desert Rose

Plumeria Alba

Adenium obessum
Bunga Kamboja sering disebut sebagai desert rose (mawar dari gurun) namun tanaman bukan berasal dari Kamboja, karena tanaman ini tumbuh di daerah gurun pasir Asia Barat dan Afrika. Bunga ini juga tumbuh baik di Indonesia dan dijadikan sebagai salah satu tanaman hias.
Di pulau Jawa banyak hotel-hotel, kantor ataupun rumah-rumah yang menaman Adenium sebagai bunga hias dan Plumeria sebagai alternatif tanaman perdu di halaman.  Sedangkan di Bali bunga Kamboja Kuning / Kamboja Kuburan (Plumeria) menjadi bunga favorit sebagai persembahan.

Di Indonesia sendiri Plumeria dan Adenium mempunyai sebutan yang sama yakni bunga kamboja. Adenium sendiri merupakan kerabat jauh Plumerium dan sama-sama mempunyai penampilan bunga yang cantik dan halus serta memikat.
Sebenarnya kamboja adalah jenis Plumeria, kerabat jauh dari Adenium. Beberapa perbedaan antara Adenium dengan Plumeria adalah sebagai berikut:
  1. Adenium berbatang besar dengan bagian bawah menyerupai umbi, namun sosok tanamannya sendiri kecil dengan daun kecil panjang. Akar adenium juga dapat membesar menyerupai umbi.
  2. Plumeria berbatang kecil memanjang tanpa bentuk umbi, dengan sosok tanaman yang besar dan dapat tumbuh tinggi, dengan bentuk daun panjang dan besar.